Candi Borobudur: Salah Satu Tempat Wisata Menarik di Jogja

Candi Borobudur

Yogyakarta atau lebih sering disebut dengan Jogja merupakan salah satu kota yang memiliki ragam tempat wisata. Salah satunya ialah Candi Borobudur yang terkenal cukup populer dan semakin menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung, baik itu turis lokal maupun mancanegara. Kendatipun candi tersebut terdapat di Magelang Jawa Tengah, akan tetapi sampai sekarang tetap menjadi tempat wisawata idola para wisatawan pada umumnya. Dari puncak atau pinggir kubah Candi Borobudur yang megah, turis bisa melihat keindahan alam yang indah. Halaman candi yang dihiasi dengan pohon-pohon juga dapat dijadikan sebagai tempat bersantai bersama wisata lainnya. Hembusan angin sepoi-sepoi bakal menambah kesejukan berada di tempat wisata. Tak heran kalau berkunjung ke sana harus mengabadikan momen sebaik mungkin apalagi banyak bertemu dengan bule-bule. Selain beberapa hal di atas, Candi Borobudur juga menjadi tempat wisata favorit turis pada umumnya karena beberapa hal, antara lain:

Lokasi cukup mudah dijangkau

Wisata Candi Borobudur cukup mudah dijangkau oleh para wisatawan sehingga menjadi suatu kenyamanan untuk mengunjunginya. Bahkan, angkutan umum banyak tersedia untuk mencapai lokasi tersebut. Misalnya dari Terminal Jombor dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan menggunakan bus, tarifnya sekitar 10 ribu rupiah untuk turis lokal dan wisatawan asing 20 ribu rupiah. Kalau dari Pantai Parangtritis waktu tempuh hanya 1 jam 45 menit. Tiba di Terminal Borobudur bisa langsung menuju candi. Namun, dari pintu masuk keindahan candi belum nampak, artinya perlu menyusuri jalan baik dengan berjalan kaki atau juga kereta dan andong yang tarifnya sekitar 5000 hingga 7500 rupiah per orang. Di perjalanan wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan indah dan asri, yang mana kalau berjalan kaki ramai-ramai tidak akan begitu terasa lelah.

Harga tiket masuk lumayan murah

Tarif masuk tempat wisata pada umumnya berbeda-beda. Di Candi Borobudur, harga tiket untuk turis lokal berkisar hingga 30 ribu rupiah saja, sedangkan untuk anak-anak berusia di bawah 6 tahun biasanya 12500 rupiah. Harga yang cukup murah tentunya bagi para wisawatan lokal yang ingin berwisata tapi dengan budget yang pas-pasan. Namun, untuk turis asing sedikit mahal yakni $20 atau kurang lebih mencapai IDR 200.000. Jika biasanya Anda membatalkan travelling karena melihat harga tiket masuk wisata super mahal, tapi di Candi Borobudur Anda bisa melepas stres dengan biaya yang lumayan hemat.

Relief bayak ditemukan disekeliling candi

Candi termasuk salah satu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Di sekeliling candi dapat ditemukan berbagai relief yang memiliki makna tersendiri. Cukup sulit dibaca karena cara bacanya searah jarum jam. Tapi jika Anda menggunakan jasa seorang pemandu, kemungkinan bisa mendapat informasi yang maksimal. Sebab seorang pemandu bisa menjelaskan dengan baik makna yang tertulis di ukiran yang ada.

Harga makanan bersahabat dan tersedia banyak menu pilihan

Selain wisata alam, Jogja juga terkenal dengan wisata kuliner. Gudeg salah satunya makanan khas Jogja yang bisa langsung Anda nikmati ketika keluar dari Candi Borobudur. Harganya pun bervariasi mulai dari 8 ribu rupiah hingga puluhan ribu sesuai dengan lauk yang disediakan. Selain itu, tersedia pula menu pilihan lain seperti mie ayam, bakso, nasi ayam, dan kuliner lainnya yang juga memiliki harga bersahabat, dahulunya sekitar 9 ribu rupiah dan saat ini kemungkinan 10 ribu rupiah. Tentunya merupakan sebuah keuntungan karena selain bisa berwisata alam juga kuliner di tempat yang sama.

Candi Borobudur memang sangat menarik untuk dikunjungi. Di samping memungkinkan dengan budget yang bersahabat, juga memiliki nilai sejarah yang tentunya bakal menambah wawasan. So, supaya tidak penasaran segera sediakan waktu dan dana yang cukup untuk berwisata ke Candi Borobudur.

Leave a Reply