Ikut Paket Wisata atau Liburan Sendiri?

Paket Wisata atau Liburan SendiriLiburan tidak hanya dilakukan pra, pasca, atau saat tahun baru & hari raya saja, tetapi juga bisa dilakukan kapan pun misalnya di akhir pekan atau cuti kerja atau kuliah. Hal ini dikarenakan liburan dapat mengatasi stres, meningkatkan keharmonisan keluarga, serta meningkatkan wawasan. Sebelum pergi liburan, sebaiknya terlebih dahulu menentukan apakah ikut paket wisata atau liburan sendiri. Semakin tingginya minat banyak orang untuk melakukan liburan membuat penyedia paket wisata semakin menjamur. Kalau Anda ingin memilih paket wisata, sebaiknya perhitungkan tips berikut:

  • Pilih penyedia jasa yang profesional. Pengalamannya menjadi penyedia jasa paket wisata sudah tidak diragukan lagi dan tentunya sudah ada rekomendasi dari orang terdekat.
  • Pelajari rute perjalanan wisata. Coba pelajari rute perjalanan yang ditawarkan penyedia jasa paket wisata, apakah sesuai harapan atau tidak? Kalau tidak, bisa beralih ke penyedia jasa lainnya jika memang tidak ada kata sepakat pasca perundingan.
  • Perhitungkan biaya yang ditawarkan. Pastikan pilih biaya paket wisata yang terjangkau di kantong. Meski begitu, bukan berarti pilih yang di bawah standar. Justru Anda patut waspada jika biaya yang ditawarkan di bawah standar. Jangan-jangan…

Kalau ingin liburan sendiri juga tidak masalah, tapi ingat tetap buat perencanaan yang matang sebelum keberangkatan (berapa budget yang dialokasikan? Pakai transportasi apa? Menginap dimana? Tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi? Beli oleh-oleh di mana? Kapan akan pulang? Dan lain sebagainya). Hal terpentingnya adalah Anda dan keluarga bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan. Setelah liburan, Anda dan keluarga bisa lebih rileks. By the way, antara pilih paket wisata dengan liburan sendiri, mana yang patut dipilih? Untuk menemukan jawabannya, sebaiknya simak 2 FAQ berikut:

Sudah pernah ke destinasi liburan?

Kemana Anda akan berlibur? Medan, Surabaya, Yogyakarta, Bali, atau justru ke luar negeri? Sudahkah Anda berlibur ke kota atau negara tersebut? Kalau sudah, tidak masalah jika Anda memilih liburan sendiri. Setidaknya, pengalaman yang Anda miliki sebelumnya dapat dijadikan panduan dalam memilih hotel, tempat makan, atau tempat wisata. Tersesat, masalah selama berlibur yang dapat dihindari jika Anda sebelumnya pernah ke destinasi liburan.

Sebaliknya, kalau Anda baru pertama kali berlibur ke destinasi liburan dengan harapan mendapatkan pengalaman baru, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih paket wisata. Penyedia paket wisata tentu saja memiliki tour guide yang bakal menjadi perantara untuk menemukan tempat-tempat wisata terbaik di destinasi liburan. Mereka juga bakal memberikan informasi terkait tempat wisata yang dikunjungi.

Berapa banyak waktu liburan Anda?

Setiap orang memiliki waktu liburan yang berbeda-beda, ada yang singkat dan ada pula yang lama. Mereka dengan waktu liburan singkat biasanya terkendala oleh pekerjaan atau urusan sekolah. Kalau Anda termasuk orang dengan waktu liburan singkat, sebaiknya pilih paket wisata. Alasannya karena penyedia paket wisata telah mengatur jadwal kunjungan wisata alam, sejarah, atau religi, wisata kuliner, menginap, dan pembelian oleh-oleh seefektif & seefisien mungkin sehingga waktu liburan singkatpun bisa benar-benar maksimal.

Kalau punya banyak waktu liburan, tidak salah jika memilih liburan sendiri. Sebab, Anda bisa mengeksplorasi setiap tempat wisata yang dikunjungi dengan optimal tanpa terhalang oleh kebijakan penyedia paket wisata. Meski begitu, tetap saja Anda harus me-manage waktu liburan dengan baik ya 😀 Supaya waktu liburan Anda terasa sangat maksimal & merasakan manfaat liburan yang luar biasa pula.

Semoga liburan Anda mengesankan ya 😀

Leave a Reply